Suprianto, Putra Lembak Peraih Suara Terbanyak

Ruang kerja bercat biru menyambut kedatangan saya siang Jumat itu.
“Wawancara dengan Bapak sebentar lagi ya. Bapak baru pulang dari Sholat Jumat.”, kata Ajudannya sembari mempersilahkan saya duduk di kursi tamu.
Tak berapa lama, seorang pria berpeci hitam tersenyum hangat menyambut saya.
“Maaf menunggu lama ya xxxxx (menyebut nama saya).”, sapanya. “Saya baru pulang dari Mesjid At-Taqwa.”, lanjutnya.
Beliau adalah Suprianto, S.IP, Ketua DPRD Kota Bengkulu sekaligus peraih suara terbanyak Legislator Kota Bengkulu.
Ia menceritakan awal terjun dalam dunia politik yang dimulai tahun 1994 lalu. Mulanya ia hanya mendukung salah seorang kerabatnya yang ingin duduk sebagai wakil rakyat. Namun karena ada persoalan internal dalam keluarga, ia memilih untuk memulai karirnya sendiri dalam dunia politik.
Ia pun bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN) di akhir 1998.
“Saya sering membaca sebuah majalah sebuah majalah yang kolomnya ditulis oleh Pak Amin Rais (Pendiri PAN). Pemikiran-pemikiran beliau sangat menginspirasi saya. Dan pada akhirnya saya memilih PAN sebagai kendaraan politik saya”, kenangnya.
Amin Rais juga dijadikan role model oleh Suprianto, karena sebagai Bapak Reformasi dapat menginspirasi banyak orang untuk berkarya bagi negara.
Selama terjun dalam dunia politik, tidak saja hal yang indah saja dirasakan oleh Suprianto.
“Saya pernah merasakan kegagalan duduk di legislatif, tapi berkat dukungan keluarga dan masyarakat, akhirnya pada tahun ini (2019), saya berhasil duduk sebagai wakil rakyat, sekaligus diamanahi tanggung jawab sebagai Ketua DPRD Kota Bengkulu”.
Suprianto adalah peraih suara terbanyak di Kota Bengkulu. Perolehan suara itu merupakan kerja keras tidak pantang menyerah dan dukungan keluarga serta pendukungnya.
“Partai juga punya peranan penting dalam karir politik saya karena PAN memberi kesempatan seluas-luasnya bagi setiap kader untuk maju. Bapak Walikota (H.Helmi-red) sebagai Ketua DPW PAN Provinsi Bengkulu juga membuka ruang selebar-lebarnya bagi setiap kader yang ingin maju sebagai calon legislatif.”, katanya.
Sebagai wakil rakyat yang menjaga kepentingan rakyat, Suprianto berkomitmen untuk tetap objektif. Walaupun ia merupakan kader partai pendukung Pemerintah Daerah, namun ia berkomitmen untuk terus menjaga kepentingan masyarakat. Ia berpendapat Eksekutif dan Legislatif harus tetap “mesra” dalam rangka memperjuangkan kepentingan rakyat. Ia pun optimis masyarakat Kota Bengkulu akan lebih maju dan sejahtera di masa yang akan datang, sesuai dengan semboyan Pemerintah Kota Bengkulu, “Kota Bengkulu Bahagia dan Religius”.
Mengenai stigma negatif Anggota Dewa hanya menghamburkan uang negara, ia menyikapinya dengan bijak. Ia berharap di periode ini dewan bisa lebih berbuat banyak untuk masyarakat. Terbukti dengan seringnya Dewan menyerap dan memperjuangkan kepentingan masyarakat melalui Rapat-rapat dengan Pemerintah daerah dan Masyarakat umum serta meninjau langsung persoalan masyarakat melalui sidak.
Di akhir interview ia berpesan kepada generasi muda untuk tetap semangat dan pantang menyerah. Apalagi saat ini kita akan menyongsong Revolusi Industri 4.0. (admin)

BIODATA SUPRIANTO, S.IP
TTL : Pagar Dewa Bengkulu, 05 Juli 1973
Pendidikan : S1
Nama Istri : Ayu Chairani
Nama Anak :
1. Ghina Zhafira Azzah
2. Ghaly Zhafran Ally
3. Gitta Zaheera Afifa
4. Ghibran Zhaki Alfarizi